Minggu, 31 Oktober 2010

Mbah Ponimin | Pengganti Mbah Marijan?

Sepeninggal Mbah Marijan, banyak desas-desus yang mengatakan bahwa Mbah Ponimin akan menggantikannya sebaai Juru kunci Merapi. Seperti yang diberitakan di berbagai media, baik cetak ataupun televisi, Mbah Ponimin sekeluarga selamat dari Wedus Gembel alias awan panas merapi. Sungguh luar biasa.

Meletusnya gunung merapi penuh dengan misteri. Masih ingatkah kita dengan pernyataan Mbah Ponimin tentang Gunung Merapi? Ya, dia mengaku Merapi yang setiap hari kita liat sesungguhnya adalah sebuah keraton, istana tempat para mahluk gaib bersemayam. (inilah.com)


Bagi masayarakat awam, tentu pemandangan seperti itu tidak akan tampak. Karena pemandangan itu  hanya bisa dilihat oleh orang-orang khusus yang memiliki sensitifitas tinggi terhadap alam metafisik. Percaya atau tidak, masayarakat jawa tradisional mempercayai hal itu.

Konon dikisahkan bahwa Merapi merupakan keraton, tempat pendiri Kerajaan Mataram, Panembahan Senopati berada. Senopati dan penghuni Merapi berhubungan sangat erat. Senopati berhasil mengalahkan kerajaan Pajang karena bersekutu dengan penghuni Merapi. Saat berperang, merapi ikut menyerang tentara pajang dengan muntahan vulakniknya.

Terlepas dari semua itu, perlu diketahuai bahwa sampai sekarang, Mbah Ponimin digadang-gadang sebagai orang yang paling pantas dan mampu untuk menggantikan Mbah Marijan sebagai Juru kunci Merapi.  Tentu kita sebagai masyarakat awam hanya bisa berharap dan berdo'a semoga musibah yang menimpa Negara Indonesia segera selesai, berganti dengan keindahan dan kebahagiaan. Amin

Tidak ada komentar:

Artikel Terbaru

Republika Online